asuransi rawat inap

Mengenal Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Insulin

Asuransi rawat inap bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai layanan dari fasilitas kesehatan. Salah satunya bisa kamu gunakan ketika kondisi drop akibat kadar gula yang tinggi secara tiba-tiba dan kamu harus dilarikan ke rumah sakit.

Biasanya kamu akan mendapatkan suntikan insulin. Insulin sendiri sebenarnya bisa secara alami dihasilkan oleh tubuh tepatnya oleh pankreas. Nah insulin ini nanti akan mengontrol  gula darah dalam tubuh, juga akan mengelola glukosa untuk menjadi sumber energi lewat sel otot, hati dan lemak.

Jika kamu punya diagnosis diabetes maka pankreas tidak bisa secara maksimal menghasilkan insulin sehingga kamu butuh suntikan insulin sebagai cara menurunkan gula darah paling cepat.

Pengertian Insulin Untuk Mengontrol Gula Darah

Seperti penjelasan sebelumnya, insulin merupakan hormon alami yang dihasilkan oleh tubuh. Nah biasanya ketika kalian maka, organ pankreas akan melepaskan hormon tersebut dan mengubahnya menjadi energi yang nantinya akan disebarkan ke seluruh tubuh.

Penggunaan insulin biasanya berkaitan dengan penderita kadar gula tinggi atau hiperlikemia, kadar gula rendah atau hipoglikemia, diabetes melitus dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Insulin Bekerja?

Ketika kamu selesai makan, karbohidrat yang ada di makananmu akan dicerna dan diolah menjadi glukosa. Nah dari proses tersebut gula yang ada di dalam darah akan meningkat. Jika sudah meningkat biasanya pankreas akan langsung melepaskan hormone insulin ke dalam darah. Dan insulin juga yang akan membantu glukosa tersebut untuk masuk ke dalam sel tubuh yang nantinya bisa kamu jadikan sumber energi.

Jika tubuhmu tidak bisa mengeluarkan insulin maka darah akan kebanyakan gula dan pada saat itulah tubuh kamu akan drop.

Manfaat Insulin Untuk Mengontrol Gula Darah

Seperti yang kita tau hormon insulin akan membantu penyerapan gula yang ada di dalam darah ke sel tubuh. Dimana nantinya akan diubah menjadi energi yang bisa kamu gunakan untuk beraktivitas atau sebagai cadangan energi.

Lalu jika kamu tidak bisa memproduksi insulin di dalam tubuh, apa yang akan terjadi?

Berbagai Penyakit Akibat Gangguan Produksi Insulin

Adapun beberapa penyakit yang bisa kamu alami apabila produksi hormon insulin dalam tubuh kita terganggu, diantaranya adalah:

  • Insulinoma atau tumor pada pankreas.
  • Resistensi insulin, penyakit ini bisa memicu diabetes melitus sehingga kamu harus mendapatkan penanganan yang tepat.
  • PCOS, bisa terjadi apabila insulin terganggu. PCOS sendiri merupakan penyakit yang terjadi pada ovarium seorang wanita.
  • Diabetes melitus, merupakan penyakit dengan kadar gula tinggi di dalam darah. Terjadi karena insulin tidak bisa mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah. Atau tidak bisa mengubahnya menjadi energi yang berguna.

Apakah Kamu Membutuhkan Suntik Insulin?

Jika hormon insulin kamu produksinya sudah terganggu maka kamu harus waspada yaa. Dan kamu secara otomatis butuh suntik insulin agar diabetes melitus yang kamu alami tidak semakin parah. Selain itu kondisi berikut ini yang menjadikan kamu harus suntik insulin:

  • Terjadi kerusakan sel beta yang ada pada pankreas. Dimana pankreas tidak lagi mampu menghasilkan hormone insulin ini.
  • Kamu mengalami rendahnya sensitivitas terhadap insulin, sehingga tubuh tidak bisa memanfaatkannya. Akibatnya gula darah tidak bisa dikontrol dan harus dibantu dengan suntikan insulin.

Nah untuk suntik insulin sendiri ada banyak jenisnya, penggunaannya pun harus sesuai dengan resep dokter. Makanya kenapa orang dengan diabetes melitus harus punya asuransi rawat inap untuk memudahkan mereka mendapatkan pelayanan dari rumah sakit. Berikut ini jenis-jenis insulin yang bisa kamu gunakan untuk menormalkan fungsi tubuh kalian:

  • Rapid acting insulin, bisa digunakan 15 menit sebelum makan.
  • Short acting insulin, bisa kamu suntikkan 30 menit atau 1 jam sebelum makan.
  • Intermediate acting insulin merupakan insulin yang kerjanya butuh waktu 1 sampai 3 jam setelah penyuntikkan.
  • Long acting insulin, meembutuhkan waktu kerja hingga 35 jam.

Jika kamu sering melakukan suntik insulin maka ada efek samping yang akan kamu rasakan. Diantaranya berat badan yang mudah naik, hipoglikemia, ada ruam di bekas suntikan, naiknya kecemasan dan lain sebagainya. Sehingga ada baiknya imbangin dengan pola hidup yang sehat untuk meminimalisir efeknya. Atau gunakan cara menurunkan gula darah yang alami saja.

Kalaupun kamu harus menyuntikkan insulin ada baiknya dengan pantauan dokter atau bila perlu lakukan di rumah sakit. Jangan lupa membawa asuransi rawat inap untuk mendapatkan keringanan biaya layanan yang kamu dapatkan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *